Saturday, September 22, 2007

Praktikum


Juni 2007, hari senin yang cerah, menjadi moment tersendiri, karena ini adalah hari praktikum. Praktikum dilaksanakan disebuah desa yang terkenal dengan budidaya jagungnya. Perjalanan menjadi cerita tersendiri karena sepanjang perjalanan yang ada hanya ceria, teman-teman adalah orang yang baik hati dan berjiwa penghibur sehingga perjalanan tidak pernah membosankan.

Lokasi praktikum sendiri, berada kurang lebih 15km dari kota kabupaten, lumayan terpencil, jauh dari jaringan internet dan mall. Sebagai mahasiswa program ekonomi pertanian. Maka praktikum selalu melibatkan petani sebagai responden, dan kali ini responden kami adalah seorang ketua kelompok tani.

Ketua kelompok tani yang berusia akhir 30-an, mendekati awal 40-an. Adalah seorang ayah dengan 2 orang putri. Beliau memiliki lahan usaha sebesar 12,5Ha. Yang ditanami jagung, dan halaman sekitar rumah yang diusahakan tanaman hortikultura. Dengan serangkaian pertanyaan yang disiapkan secara mendadak (untunglah informasinya cukup) kami mendapatkan hasil yang mengejutkan, satu musim tanam beliau mendapatkan 19 juta lebih, yang didapatkan dari pertanian terintegrasi yang beliau usahakan. Usahatani beliau meliputi 12,5ha tanaman jagung, 0,25ha tanaman hortikultura dan 2 kandang ayam berkapasitas 5000 ekor.

Dengan keadaan yang kami temui terlintas pemikiran bahwa menjadi petani juga bisa makmur dan hidup terhormat. Karena petani tidak direpotkan dengan lobi-lobi tertentu, tidak diributkan dengan kepangkatan (naik jabatan atau tidak), tidak berhadapan dengan persaingan antara rekan sekerja, juga tidak perlu berhadapan dengan atasan yang suka dijilat. Petani hidup jujur dan terhormat, mengasilkan sesuatu untuk orang lain namun tetap dapat hidup berkecukupan. Sayangnya tidak semua petani seperti itu, mereka yang rajin dan sungguh-sungguhlah yang berhasil. Banyak petani yang gagal dan hidup dibawah garis kemiskinan. Bila kondisinya seperti ini siapa yang disalahkan??

Praktikum yang sangat berharga dan berkesan.

No comments:

Post a Comment