Monday, June 18, 2007

Tragedi Uluh Itah

Uluh Itah?? yup... ini diambil dari bahasa dayak yang sering digunakan oleh orang orang yang tinggal di kalimantan tengah yang berarti Uluh = orang dan Itah = kita, jadi sederhananya uluh itah bisa diartikan sebagai orang kita, bahasa kutainya Etam. artinya ya sama aja Kita juga.
secara terminologinya, berarti kita sebagai sebuah komunitas lengkap dengan kekhasannya, budaya, karakter masyarakatnya juga kekayaan alamnya. Sehingga uluh itah hanya digunakan spesifik bagi mereka yang tinggal di kalteng.

kalimantan adalah sebuah daerah yang memiliki kekayaan terpendam yang sangat banyak. begitu juga dengan kalimantan tengah. Bahkan vatikan menganggap kallimantan tengah dengan Palangkaraya sebagai ibukotanya sebagai sebuah tempat yang sangat penting. Vatikan melihat Kalimantan tengah (Kalteng) sebagai pertengahan bumiyang harus diperhitungkan, masih menurut vatikan, kalteng tepat berada di tengah --dari timur ke barat, juga dari utara ke selatan.
sehingga sangat penting bagi mereka untuk menguasai tempat ini.

Kalteng juga memiliki banyak potensi dari sisi SDA tempat ini memiliki cadangan uranium terbesar didunia (ga percaya??) yang infonya saat ini hanya beredar pada "orang-orang" tertentu, selain itu kalteng juga memiliki cadangan batubara, kayu, gambut dan lain-lain termasuk emas.

Selain SDA kalteng juga merupakan sumber bagi SDM yang murah terlebih saat ini KB di galakkan di Kalteng bukan untuk membatasi kelahiran tapi sebaliknya. dengan kondisi alam yang sulit di jangkau dan terpecah-pecah membuat akses terhadap informasi dan pendidikan sangat minim sehingga menyebabkan generasi di kalteng adalah sasaran empuk bagi misionaris juga pengusaha yang minim modal untuk membayar tenaga kerja.

keadaan birokrasi dan birokrat yang dikuasai agen asing membuka peluang penjajahan terselubung semakin besar. contoh, cadangan uranium yang ada ternyata sudah di lego kepada sorosh co. kemudian blue print rail way yang akan dikerjakan oleh china ternyata sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. bahkan PTN nya (UNPAR) yang masuk peringkat 27 se Indonesia ternyata hanya bisa menghasilkan buruh murah bagi perusahaan asing. yang lebih dahsyat ternyata Kalteng khususnya Palangkaraya tengah dipersiapkan sebagai Ibu kota Negara. yup.... Jakarta akan sebagai ibu kota RI akan hanya tinggal kenangan.
dari sekian banyak tempat kenapa harus kalteng yang tiap tahu kena banjir juga kabut asap. ada apa dengan kalteng??

yang paling menyedihkan adalah, ketidak tahuan kita terhadap tragedi ini, maraknya aktivitas dakwah islam saat ini membuat gerah berbagai kalangan yang membencinya, sehingga dirasa perlu untuk mengalihkan markas operasi mereka, dan ini ditutupi dengan berbagai kasus yang sengaja dimunculkan. Perpindahan ini dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjadikan kalteng ibukota negara dengan basis kristiani nya yang langsung berada di bawah arahan vatikan.

Ya.... Saudara saudariku yang tengah berjuang di kalteng jangan pernah lengah dan putus asa teruskan perjuangannya dan bersegeralah. Buat semua yang berada diluar kalimantan usaha kita semua akan menolong saudara-saudara yang tengah kesulitan dan meringankan beban mereka, dan jangan lupa do'anya...
Wallahu 'alam bi shawab, semoga Allah memudahkan kita semua