Tuesday, January 13, 2009

Titik dan Cinta

kalimat sebenarnya adalah Titik. Tinta, Cantik dan Cinta. ini judul dari salah satu tulisan si apipuzi.
ntah kenapa tapi ada benarnya isi tulisan tersebut, coz... titik tidak mungkin ada tanpa tinta, dan cantik akan datang setelah adanya cinta. inilah yang disebut persepsi.

persepsi...
persepsi dibangun dari banyak informasi yang kita terima kemudian kita endapkan dan akhirnya menjadi standar bagi segala sesuatu, (bingung??) contohnya....
kita selalu mendapat informasi bahwa nilai A adalah baik, sehingga kita beranggapan atau berasumsi bahwa tidaklah berprestasi sebelum mendapatkan nilai A.
contoh lain, ketika kita selalu mendapatkan informasi bahwa wanita berjilbab adalah wanita baik-baik, maka sikap kita terhadap wanita berjilbab akan berbeda dengan yang tidak berjilbab.
jadi sebenarnya informasi yang diendapkan sangat berperan dalam pembentukan persepsi.
seorang anak perempuan yang mengidolakan ayahnya akan berpendapat bahwa pria baik-baik adalah seperti ayahnya, sehingga dia akan menstandarkan pria idamannya ga jauh-jauh dari profil ayahnya. begitu juga ketika kita menyimpan informasi tentang kebaikan dan kelebihan seseorang maka informasi tadi akan menimbulkan efek erikutnya yang disebut cinta, so seperti kata apip kalo sudah cinta maka cantiklah jadinya.

persepsi berperan dalam banyak hal karena sedikitnya persepsi mempengaruhi jalan hidup seseorang, penilaian baik dan buruknya juga bahkan perjalanan suatu ummat dan bangsa. Israel menyerang palestina karena mereka memiliki persepsi mengenai janji tuhan, dan beranggapan bahwa selain orang yahudi adalah pelayan bagi mereka. persepsi ini tidak lepas dari informasi-informasi yang senantiasa diulang oleh para pemuka agama mereka, terlepas dari benar tidaknya kitab suci mereka.

karena sifat persepsi yang bisa berubah tergantung dari informasi yang disampaikannya inilah maka sangat penting untuk memilah dan memilih informasi berdasarkan sumbernya dan keakuratannya. supaya tidak terjebak dalam informasi yang salah sehingga memiliki persepsi yang salah akhirnya menimbulkan sikap yang salah juga.

3 comments:

  1. persepsi orang orang tentunya berbeda,tergantung dari mana ia memperoleh persepsi sejak kecil,ini menurut saya loh..

    ReplyDelete
  2. [//]... nah yang didapat sejak kecil itukan informasi kemudian di endapkan, itu sebabnya informasi sebelumnya menjadi persepsi yang dipegang ...[//]

    ReplyDelete
  3. gk selamanya yg terlihat jelas itu adalah arti yg sebenarnya, kadang kita harus lebih dalam dan mendetail buat dapet 'persepsi' itu..

    slm kenal..relink y!

    ReplyDelete