Tuesday, October 21, 2008

Islam Budaya vs Islam Ideologis

festival tanglong untuk memeriahkan malam 21 ramadhan di kalimantan selatan, tradisi mandi di sungai untuk menyambut ramadhan yang dijalani masyarakat minangkabau, sekatenan pada bulan maulid di jogja, juga beragam acara dan kegiatan dalam mensyiarkan islam atau beragam budaya yang bernafaskan islam sangat marak di opinikan oleh berbagai media ditanah air.

tradisi-tradisi dan kegiatan ini di klaim sebagai budaya atau tradisi yang berasal dari islam, atau kalaupun tidak berasal dari islam tapi di beri label sesuai dengan islam karena menyertakan shalawat nabi dan pembacaan ayat suci.

semua tradisi dan budaya tadi semakin marak setelah media ikt mempromosikannya. semua budaya yang bernafaskan islam ini menunjukkan tingginya kepedulian dan semangat ummat terhadap islam. selain itu krisis multi dimensi yang melanda dunia ini membuat umat muak dengan sistem yang ada dan mulai berpaling pada islam. baik islam sebagai dopping yang menenangkan diri mereka (mengalihkan pikiran dan perhatian dan menenangkan hati) namun juga sebagai sistem yang memberikan solusi.

kecenderungan-kecenderungan umat terhadap islam ini sayangnya tidak tersalur dengan tepat, sehingga banyak kaum muslimin yang merasa cukup ketika sudah membuat islam digunakan dalam budaya mereka. hal ini disebabkan oleh beberapa hal

1. ketidaktahuan tentang islam. minimnya pemahaman tentang islam pada sebagian besar kaum muslimin membuat kaum muslimin sat ini hanya mengenal islam sebagai agama ritual belaka seperti sholat, shaum, zakat, haji, nikah, dan bagi beberapa golongan dalam perkara thalak, dan waris. hal ini membuat ummat mengambil apa saja yang seolah-olah berasal dan berbau islam.

2. adanya upaya untuk menghilangkan gambaran islam ideologi. islam adalah sempurna tidak saja berisi aturan ibadah namun juga berisi aturan kehidupan. kemampuan islam menyelesaikan semua masalah kehidupan di semua jaman inilah yang membuat islam sebagai sebuah ideologi. islam sebagai ideologi juga merupakan satu-satunya musuh yang tidak bisa disingkirkan oleh sistem yang sedang menguasai dunia saat ini yakni kapitalisme.

islam sebagai ideologi memiliki seperangkat aturan yang pro rakyat. azas hukum yang berlaku adalah syara' yang tidak pandang bulu terhadap koruptor maupun maling ayam, mengharamkan riba yang menghidupi para pemilik modal dan mencekik rakyat jelata, mengharamkan bertuan pada kafir barat dll.

islam ideologi juga mampu menghancurkan tatanan kehidupan yang ada, menyingkirkan para penguasa korup, dan pemilik media yang timpang dalam pemberitaan juga pengusaha yang curang. dengan sifatnya inilah dia menjadi berbahaya bagi tatanan yang ada. untuk itu menghalangi/membelokkan oini dan juga black campaign terhadap islam sangat diperlukan, islam budaya adalah salah satunya dan Media massa adalah sarana yang tepat.

Islam menghargai budaya dan tradisi. Islam pun mengakui keberagaman, bahkan islam menciptakan budayanya sendiri. namun semua itu dalam koridor syara'. semuanya menunjukkan tingginya penghambaan kepada Allah semata bukan kepada yang lain.

perkembangan budaya dalam islam tidak lepas dari diterapkannya islam sebagai sebuah ideologi yang menjadi azas dalam tiap aspek kehidupan. perkembangan budaya bernafaskan islam tanpa diterapkannya islam dalam aspek kehidupan justru mematikan "Ruh" islam sebagai sistem kehidupoan dan menjauhkan penerapan islam itu sendiri, dan justru menodai aqidah umat. sehingga hal utama saat ini adalah penerapan islam ideologi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, baru kemudian pengembangan budaya.

wallahu 'alam

7 comments:

  1. sebagian besar dr masayarakat yg masih menjalankan tradisi tersebut memang tidak paham bahwa tradisi-2 tersebut bukan dari Islam atau malah bertentangan dengan Islam. mereka menganggap hal tersbut berasal dari islam. Menjadi tugas yang pahamlah untuk memberitahu mereka.

    ReplyDelete
  2. Assalamualykum sist, pkbrny? Brkenan mgerjakan PR dari ku?:) . Ad di blog ku. cek ya...

    ReplyDelete
  3. Betul tuh kata mas tony, kini tugas kita yg tahu untuk memberitahu mereka. Kasihan mereka berbuat syirik tapi g sadar

    ReplyDelete
  4. [//]... baiklah sekarang siapa yang mau memulai langkah pertama? ^_^ karena langkah awal sangat menentukan iya ga, btw thank's atas komentnya ...[//]

    ReplyDelete
  5. memang kalau menurut aku sih y, agama islam memng selalu lekat dengan kebudayaan masyarakat dan itu juga menurut aku kelebihan agama islam sehingga mudah diterima khalayak umum...

    salam blogger ^^

    ReplyDelete
  6. Setuju....
    Pada dasarnya Islam adalah agama wahyu, datang untuk membenahi perilaku kita. Islam datang tidak bertujuan menyapu bersih tradisi, cuma membenahi ke arah yang telah digariskan.
    Pendek kata Islam is Rahmatan Lil 'Alamin
    Nice Posting..

    ReplyDelete