Friday, September 19, 2008

Rahasia Meede Misteri Harta Karun VOC

begitulah judulnya, buku yang kutemukan ditumpukan rak buku di gramedia dan bookcity. penasaran (pastinya) akhirnya berbekal sisa uang saku bulan ini terbelilah buku yang ditulis oleh E.S ITO ini jadi teman yang menyenangkan dalam menghabiskan waktu selama bulan ramadhan ini, terlebih lagi buku yang dirilis tahun 2007 ini ternyata sudah 4 kali naik cetak (waktu aku beli).

Rahasia Meede Misteri Harta Karun VOC novel berlatarbelakang sejarah indonesia, mengenai pencarian harta karun yang diyakini milik anak bangsa ini. (mungkin) terispirasi dari tulisan dan brown the davinci code, buku ini menyajikan konspirasi yang dituturkan secara apik.

kental dengan idealisme ala bung Hatta, dan perjuangan dalam kmb (konferensi meja bundar). buku ini juga memberi banyak informasi mengenai kota jakarta tempo doeloe ketika masih bernama batavia, dan mengenai nusantara.

bercerita tentang persahabatan dua orang tokoh utama yakni kalek dan batu noah gultom, yang sama-sama menjalani pendidikan di sma nusantara, namun ternyata keduanya menempuh jalan yang berbeda dalam mencintai republik tercinta ini.

sebagai karya anak negeri, buku ini layak dibaca, selain berlatarbelakang sejarah yang apik, dan gaya sastra yang memikat, juga misterinya yang membuat kita ikut berfikir, sepertinya wajar kalau buku ini terus dicetak ulang seperti halnya laskar pelangi andrea hirata (yang sangat inspiratif).

4 comments:

  1. wah.. sudah baca rahasia meede juga ya.. tau gak siapa nama panggilan pengarang buku tu? tu anak namanya si endri anak fekon UI klau ito nama panggilan lagi kecil yg artinya adik (ading bhs banjarnya). tapi kita hrs ati2 ma tu anak mau 'nyerang' borneo (kalimantan) yang kaya intan dan sda lainnya. kita tak mau slama2nya nyerahin tu ma orang2 yang sepaham hatta,tan malaka,gandhi,atau sefaham dgn sosialisme-komonisme. kita maunya nyerahin urusan dunia ini ma syariah dan khilafah islamiyah agar ini kelar dunia akhirat. ALLAAAHU AKBAR!!!!!

    ReplyDelete
  2. sepakat... sepakat ...cuma terkesan dengan gaya penuturannya yang runtut, tapi kalo soal ide mah... wah jaauuuh banget....

    ReplyDelete
  3. eh mba, es ito juga nulis buku yang judulnya negara kelima. keren. ceritanya juga ga kacangan. penuh dengan fakta (atau opini ya?) yang menggugah keingintahuan. baca dech. trus qt diskusi. gimana penilaian mba tuk skenario masa depannya?

    ReplyDelete
  4. [//]... ah, ul baru tau yah? saya ga terlalu terkesan dengan negara kelima, tapi kalo meede ini berkesan banget ...[//]

    ReplyDelete