Saturday, January 26, 2008

Amuntai

Amuntai kota bertaqwa, itulah motto kota ini, hasil perjalanan kamis lalu (24/01/08) dengan niat silah ukuwah perjalanan dimulai dan buat semua inilah oleh-olehnya.


* yang pertama tentu aja patung maskot kota amuntai, yakni itik.....
sebenarnya selain ngetop dengan itik alabio kota ini juga dikenal dengan hadangan kalang nya (kerbau rawa) tapi karena susah klo mau motonya jadi ya... cukup dengan itik aja ya...
btw buat yang masih bingung itik itu sama dengan bebek



* berikutnya adalah keadaan alamnya-->
rawa......
ini bukan danau, kolam atau apapun,
ini rawa...
jadi sebagian besar daerahnya adalah daerah yang terendam air, (jadi inget kata temenku yang melakukan perjalanan dari bpp-bjb, katanya kalsel itu seperti daerah yang dibangun diatas air-- dan emang ga salah si)
nah dengan ciri khas ini membuat kalsel beda dengan kaltim, sehingga studi pada prodi-prodi yang ditawarkan diPT juga beda.

wajarkan klo kemudian studi yang diangkat adalah, tropical desease, lahan basah/gambut dan lain-lain yang jadi ciri khas tempat ini.

begitu juga dengan vegetasi nya, karena memiliki daerah rendaman air yang cukup beragam memungkinkan kalsel menikmati panen padi yang merata sepanjang tahun, artinya ada musim panen yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain di kalsel, jadi ga mungkin kelaparan kan...






* Kemudian tipe tata kota*
seperti halnya tipe-tipe kota Islam lainnya, maka tata kota nya ga jauh-jauh antara pusat ibadah, pusat pemerintahan dan pusat kegiatan masyarakatnya. sebenarnya ga juga si klo tepat seperti tata kota-kota islam tapi, tipenya ya.. begitu deh





Plasa Amuntai


















Taman Putri junjung buih, katanya si tempat santai nya masayarakat amuntai.
















simpangan di antara masjid raya, dan gedung dewan














semua pasti tau karena ada tumpukan sampah, ya pastinya PASAR







*next kuliner*

selain telur itik, bilibis dan daging hadangan tentu saja, kuliner di tempat ini kurang lebih sama dengan kuliner di daerah hulu sungai lainnya. Masih seputar nasi kuning, ketupat trus kecap asinnya yang khas dan bakar-bakarannya. trus bertemu buah yang sebenarnya sudah sering dilihat di martapura dan banjarmasin juga banjarbaru tapi ga pernah nyoba yakni buah mentega, rasanya aneh banget, strukturnya lembut dengan rasa manis dan kelat diakhirnya



<--- begini tampangnya setelah dikupas (buah mentega)














<--- gula gait (gulali) dah lama banget ga makan ni permen tradisional, akhirnya ketemu di amuntai, borong bu semua berapa ya? buat oleh-oleh :)










awalnya curiga banget ni makanan jenis apa ya dibungkus sedemikian rupa dengan daun yang juga ga tau dari jenis apa.

taunya isinya kuaci labu...
halah, adah-adah aja....
tapi karena aneh, dipoto aja ya bu...

baiklah semua ini dia oleh-oleh dari amuntai ntar klo keluyuran lagi di bawain oleh-oleh yang lebih baik, karena sementara ini dipoto cuma pake hp maha, jadi hasilnya ya gitu deh...
amuntai...... akhirnya aku juga pernah jalan-jalan kesana....

14 comments:

  1. kalo foto2 kota banjarbaru ente tercinta mana, non? :)

    ReplyDelete
  2. Salam,

    Menarik juga dapat melihat gambar-gambar Amuntai, walaupun saya (dari Malaysia) belum berkesempatan berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  3. banjarbaru, menyusul deh...
    soale males banget nulis secara jujur mengenai kota tercinta ini...

    wah, ngaran haja sudah "harat" jangan-jangan dasar harat ni urangnya.
    selamat datang...

    ReplyDelete
  4. Amuntai is my home town . . . .
    I LOVE My town

    buat semua terutama yang punya blog ini, sekali-kali kunjungi rumah sederhana saya di http://bayusmart.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. assalamualaikumm ...

    I love my hometown AMUNTAI ..

    Damai n tenang selalu buat AMuntaiiii ...

    ^_^

    ReplyDelete
  6. assalamu'alaikum
    terima kasih atas info kota amuntainya ....

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum...
    Do'ain saya bisa ke Amuntai suatu waktu, salah satu anugrah Allah yang hanya diberikan kepada umat islam..
    Amiin..
    Salam Prsahabatan..
    -Bgustr-

    ReplyDelete
  8. Jd ingat masa kcl dlu waktu tinggal di amt suka mandi n berenang di sungai dgn telanjang bulat hahaha...tp kdang takut di gigit buntal...

    ReplyDelete
  9. wah jadi ingin ke amuntai nih cuma kapan ya.kalau denger ceritanya seperti masa masa kecil saya di jawa jadi rindu kampung nih .kalau itik goreng boleh juga tuh sama sambal ijo yang pedas mak nyuss..salam kenal deh dari jakarta

    ReplyDelete
  10. hahahay. . . Mantapp. .
    Klo mau k,amuntai
    jgn lupa mampir d tempat qu ya . .hehe
    *asli org amuntai . .hahahay. . . Mantapp. .
    Klo mau k,amuntai
    jgn lupa mampir d tempat qu ya . .hehe
    *asli org amuntai . .

    ReplyDelete
  11. wah..wah...wah.. by the way mana Mandainya??? haha

    ReplyDelete
  12. haduh, pasarnya.. cuba pang, pemda tuh, dibaiki, di cat barang, pina marigat banar. jaka aku sugih, kuupahakan mancat tu pang. hedeeww..

    ReplyDelete
  13. Tolong kabarkan kepada Ayah angkat saya Haji Rusyansyah, saya mau berangkat ke Amuntai pada 30hb Jun 2012. salam dari Brunei

    ReplyDelete
  14. Sekarang udah ada perpustakaan daerah di Amuntai.. namun buku-buku yang ada masih belum memadai..

    ReplyDelete