Wednesday, May 2, 2007

Bahasa Bunga

Bahasa adalah bagaimana kita menyampaikan suatu bunyi yang memiliki makna tertentu dan ditangkap serta difahami dengan makna yang sama. Bahasa ini memiliki banyak symbol. Dan symbol-simbol ini mewakili makna-makna tertentu, salah satunya adalah bunga. Bunga telah menjadi symbol bagi banyak makna. Dan bahasa bunga diyakini sebagai bahasa universal yang mudah didapat dan dimengerti , seperti hal nya bahasa cinta.

Sekuntum mawar merah adalah tanda kekaguman yang mendalam, sedangkan jagung adalah perlambang dari kekayaan atau kemakmuran. Sehingga ketika ada salah satu kabupaten di negeri ini yang menetapkan bahwa jagung adalah komoditas utamanya, mengingatkan bahwa yang diinginkan dari daerah tersebut adalah kemakmuran bagi rakyatnya.

Terlepas dari fungsinya masing-masing bunga ini memberi arti bagi siapa yang membawanya, seperti halnya lavender berarti lambang keraguan dan kecurigaan. Sehingga sangat wajar jika juga mengirimkan lavender bagi AS dan sekutunya karena telah menyerang irak dan kaum muslimin, mungkin lebih dari itu yakni dengan mengirimkan kacang buncis yang berarti selamat tinggal atau justru lebih tegas dengan mawar hitam pertanda kematian.

Mungkin untuk sebuah negara dengan reputasi seperti Amerika kita tidak bisa lagi menggunakan bahasa ungkapan/isyarat seperti hal nya ketika sedang jatuh cinta....
diperlukan kekuatan riil untuk menyampaikan kepada mereka bahwa mereka (AS) sudah keterlaluan (kalau tidak mau disebut arogan). Karena bahasa bunga tidak lagi mempan.
Kekuatan riil (secara damai dengan opini) akan membukakan mata mereka mengenai kejahatan dan ketidak manusiawian mereka.

1 comment:

  1. Postingan ini diupdate dong...

    Kalo bisa dibikin daftar bunga berikut artinya ^_^ *digetok*

    Maaf, banyak maunya nih....

    ReplyDelete